5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Tanaman Herbal dengan Aroma Menggoda

Dunia Aksara – Serai merupakan tumbuhan dengan aroma harum yang tergolong rumput-rumputan, 5 manfaat sereh untuk kesehatan, tanaman herbal dengan aroma menggoda yang dicintai banyak orang.

Tanaman serai dengan nama latin Cymbopogon Citratus merupakan tanaman suku rumput-rumputan yang banyak dijaikan minuman, diseduh dengan air panas.

Sereh adalah tanaman herbal yang berasal dari India Selatan dan Sri Lanka yang menyebar tumbuh di erbagai negara di seluruh dunia.

Batang sereh banyak digunakan sebagai penguat aroma pada masakan dan banyak digunakan sebagai minuman karena aromanya yang harum dikombinasikan dengan rimpang herbal lainnya seperti kunyit, jahe, teh, temulawak dan lain sebagainya.

Sereh memiliki ciri daun yang Panjang layaknya ilalang dan mudah tumbuh dan dibudidayakan, cocok untuk menjadi tanaman herbal di pekarangan.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Ampuh Turunkan Kolestrol hingga Gula Darah

Kandungan Nutrisi dan Mineral pada Sereh

Nutrisi, mineral dan vitamin yang terkandung dalam serai meliputi kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan gula, namun kandungan lemak dan gula dari serai sangatlah kecil.

Mineral yang terkandung dalam serai meliputi kalsium, zat besi, dan vitamin C. vitamin C baik untuk aktioksidan, zat besi merupakan komponen penting sel darah merah, kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Herbal Beraroma Mantap

Berikut 5 manfaat sereh untuk kesehatan yang peru diketahui, baik untuk mengobati masalah eksehatan dari ringan hingga kronis:

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Minuman Segar Menyehatkan!

1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah dan Risiko Kanker

Kandungan senyawa dalam sereh ampuh menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

Sifat antikanker dari senyawa citral dan beberapa senyawa lainnya sangat ampuh melawan sel-sel kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh atas kanker.

Manfaat sereh dapat diperoleh dengan menyeduh sereh dengan air panas dan meminumnya saat masih hangat untuk memperoleh kenikmatan dan manfaatnya.

Dismaping itu sereh juga meningkatkan kekebalan (imun) tubuh, menurunkan kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa nyeri/sakit.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Baik untuk Penderita Kanker dan Hipertensi

2. Memelihara Daya Tahan (Imun) Tubuh

Kandungan vitamin C tinggi dalam sereh ampuh menjaga daya tahan tubuh, serta senyawa antioksidan dari sereh juga sangat ampuh memelihara kekebalan tubuh dari berbagai risiko penyakit yang menyerang.

Aroma dari sereh juga dapat digunakan untuk pengusir nyamuk, mengurangi stress, menyegarkan udara. Serta serai mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, obat penyembuh luka dan infeksi.

Kandungan senyawa antimikroba tersebut bermanfaat untuk mencegah berbagai macam infeksi yang menyerang tubuh baik infeksi kulir maupun infeksi yang menyerang organ dalam tubuh.

Senyawa yang terkandung dalam sereh juga bersifat antijamur, ampuh mencegah penyakit kulit, mencegah penuaran jamur pada kulit kulit, seperti kurap, kutu air, gatal, panu dan penyakit kulit lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Herbal Alami Ampuh Sembuhkan Asam Urat

3. Menurunkan Kolesterol dalam Darah, Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Berat Badan

Sereh ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, memperlancar aliran darah, meningkatkan metabolisme, menjaga fungsi hati, dan membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Memperlancar proses metabolisme dalam tubuh sehingga ampuh menurunkan berat badan. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam serai yaitu isoorientin, asam klorogenat, dan swertia japonica ampuh mengatasi masalah kesehatan.

Senyawa antioksidan sereh berperan melawan radikal bebas yang menjadi faktor penyebab rusaknya sel-sel tubuh dan pemicu penyakit kanker.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Rasanya Nikmat dan Kaya Khasiat

4. Mengobati Nyeri dan Peradangan

Kandungan serai mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi yang ampuh mengurangi peradangan dalam tubuh, seperti penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan radang akibat kanker, kolestrol dan infeksi.

Kandungan senyawa dalam sereh juga berkhasiat menyembuhkan kembung, diare dan sembelit. Gangguan pencernaan lainnya seperti mual, maag, sakit perut, masalah pencernaan, dan tukak lambung dapat sembuh dengan herbal sereh.

Sereh mampu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Aromaterapi dari juga ampuh mengurangi stress dan kecemasan membuat pengkonsumsinya menjadi rileks.

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Sembuhkan Masalah Pencernaan dan Penyakit Kronis

5. Mengeluarkan Racun dan Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam berfungsi menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Senyawa lainnya juga sangat ampuh mengontrol tekanan darah menjadi normal.

Melancarkan metabolisme dalam tubuh serta memperlancar aliran darah dengan mengilangkan kdar kolestrol membuat tekanan darah menajdi normal.

Sangat direkomendasikan juga para penderita hipertensi dan penderita jantung agar mengkonsumsi seduhan sereh yang dapat dikombinasikan dengan ramuan herbal lainnya.

Demikianlah 5 manfaat sereh untuk kesehatan yang dapat dimanfaatkan untik mengatasi berbagai masalah penyakit ringan hingga kronis.

Seduhan sereh dapat diminum dengan kombinasi herbal lainnya untuk memperoeh manfaat dan kenikmatan dengan aroma yang ramuan sereh.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer