5 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan! Ampuh Mencegah Kanker, Mengontrol Kolestrol hingga Gula Darah

Dunia Aksara – Tanaman kersen yang banyak tumbuh liar ternyata bermanfaat bagi kesehatan, berikut 5 manfaat daun kersen untuk kesehatan! ampuh mencegah kanker, mengontrol kolestrol hingga gula darah.

Kersen merupakan tanaman yang tumbuh liar di sekitar, ternyata daun tanaman ini dapat digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Buah kersen mirip dengan buah ceri, sehingga ada yang menyebutnya dengan ceri Jamaica dengan buah berwarna kuning atau merah saat sudah matang.

Daun kersen mengandung senyawa antioksidan yang diperoleh dari senyawa penyusun daun kersen, diantaranya asam sinamat, fenolik atau fenol, tokoferol, kumarin, flavonoid, dan asam polifungsional serta kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Sembuhkan Masalah Pencernaan dan Penyakit Kronis

Kandungan Daun Kersen

Daun kersen banyak mengandung antosianin, fenolat, asam askorbat, flavonoid dan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga dan menyembuhkan berbagai keluahan kesehatan.

Disamping itu dau kersen juga menagndung lemak, serat, protein, kalsium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Kandungan daun kersen juga kaya dengan senyawa yang bersifat antioksidan polifenol yang dapat berfungsi sebagai fungsi vaskular, fungsi endotel, penurunan tekanan darah, sensitivitas insulin, pengurangan reaktivitas platelet dan fungsi lainnya yang baik untuk tubuh.

Fungsi dari senyawa yang terkandung dalam duan kersen dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan, Ampuh Sembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat Daun Kersen untuk Masalah Kesehatan

Disamping memiliki buah yang enak, ternyata daun kersen menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat daun kersen untuk kesehatan yang tidak boleh disepelekan:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan senyawa dalam daun kersen memiliki sifat antioksidan dan vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh.

Kandungan senyawa antivirus dan antibakteri meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan kuman yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Gejala masalah kesehatan akibat daya tahan tubuh yang lemah dapat dibasmi oleh daun kersen, seperti ampuh untuk mencegah masuk angin, pilek, batuk, flu dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan infeksi karena daya tahan tubuh yang lemah.

Daun kersen untuk efektif menyembuhkan radang tenggorokan, yang menyebabkan teggorokan teras gatal dan sakit saat menelan, dan senyawa daun kersen juga sangat ampuh menyembuhkan batuk karena radang tenggorokan.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Rempah Dapur Kaya Khasiat

2. Mengobati Asam Urat, Kolestrol dan Diabetes

Manfaat daun kersen untuk asam urat jelas terletak pada senyawa kimia yang dimilikinya. Masalah asam urat bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi ekstrak daun kersen.

Daun kersen memiliki senyawa flavanoid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dengan cara mengontrol enzim xantin oksidase.

Kandungan senyawa yang memiliki sifat anti peradangan juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat

Senyawa saponin serta flavonoid yang terkandung dalam daun kersen membentuk antioksidan dan menyekresi hormon insulin.

Mengkonsumsi daun kersen dengan cara merebus atau membuat ekstraknya dampat menurunkan kolestrol dalam tubuh.

Disamping itu, daun kersen yang mampu merangsang hormon insulin sehingga metabolisme menjadi normal dan kadar gula darah menjadi stabil.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Remeh Khasiatnya

3. Mencegah Kanker

Senyawa tanin, saponin, dan flavonoid yang terkandung dalam daun kersen berfungsi sebagai antiokisdan dan antikanker yang ampuh menangkal radikal pemicu kanker.

Kanker sebagai penyakit kronis dapat rontok dengan herbal dari rebusan daun kersen atau ekstrak daun kersen dalam bentuk pil tau saset sehingga mudah dan simple dikonsumsi.

4. Mengobati Hipertensi dan Gangguan Jantung

Tidak hanya mencegah kanker, menormalkan gula darah dan kolestrol, daun kersen juga dapat mengontrol tekanan darah, sehingga penderita hipertensi dapat menjadikan rebusan daun kersen sebagai alternatif obat herbal.

Dengan mengkonsumsi ekstrak daun kersen bisa menormalkan tak hanya gula darah tetapi juga tekanan darah. Ini karena

Kkandungan daun kersen yang memiliki senyawa saponin dan flavonoid ampuh mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke dan masalah jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

5. Menyembuhkan Masalah Pencernaan dan Sakit Kepala

Senyawa daun kersen memiliki sifat antibakteri ampuh membasmi mikroba penyebab masalah pencernaan.

Disamping itu, daun kersen juga ampuh mengatasi maag, kembung, tukak lambung, mual dan gejala yang menyerang organ pencernaan.

Senyawa daun kersen seperti flavon, flavonol dan auron memiliki sifat antibakteri yang menyerang sistem pencernaan.

Masalah pencernaan seperti diare, sembelit, otitis internal, dan keracunan makanan dapat sembuh dengan herbal rebusan daun kersen.

Kandungan antioksidan dari fenolik atau fenol, flavonoid, tokoferol, asam sinamat, kumarin dan asam polifungsional sangat ampuh mengatasi masalah pencernaan.

Daun kersen juga berfungsi sebagai obat penenang, antidyspeptic dan antispasmodik yang ampuh mengobali sakit kepala dan masuk angin, flu dan pilek.

Baca juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Lengkap Beserta Cara Mengolahnya

Cara Konsumsi Daun Kersen

Cara mengolah daun kersen agar mudah dikonsumsi dengan cara dijemur sampai kering dan diseduh dengan air hangat.

Atau daun kersen langsung direbus dengan beberapa liter air hingga matang dan air rebusan daun kersen dapat langsung dikonsumsi.

Daun kersen yang telah dikeringkan dapat ditumbuk atau dihaluskan dengan mesin penghalus dan dapat dijadikan bubuk dan siap diseduh dengan menambah madu atau gula secukupnya agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

Demikianlah 5 manfaat daun kersen dan cara mengkonsumsinya yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer