asd

5 Macam Software Paling Banyak Digunakan dalam Kehidupan

Dunia Aksara – Kemajuan teknologi merubah pola hidup manusia, rutinitas sehari-hari tidak terlepas dari penggunaan software, berikut 5 macam software paling banyak digunakan dalam kehidupan.

Penggunaan software bertujuan untuk mempermudah penggunanya dalam melaksanakan segala aktifitas, sehingga memperoleh produktivitas yang lebih baik.

Software atau perangkat lunak dikembangkan untuk berbagai macam kebutuhan sesuai dengan peruntukannya.

Jenis Sofware Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

Software dapat dibedakan berdasarkan tujuan pembuatan dan pendistribusinya menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membuat QR Code Excel, Simpel dan Anti Ribet!

Software Berbayar

Software ini dibuat dan didistribusikan untuk mempermudah penggunanya namaun dengan tujuan komersil, yaitu dijual untuk dapat menggunakan versi pro dari software tersebut.

Lisensi yang diberikan pada software berbayar ini hanya untuk satu atau untuk beberapa pengguna, dan tidak diperkenankan menyebarluaskan lisensi tersebut kepada pihak lain.

Freeware

Software jenis ini bersifat gratis dan bebas digunakan tanpa batas waktu tertentu, baik untuk kepentingan pribadi maupun distribusi secara bebas.

Tujuan dari software jenis ini untuk peningkatan ekosistem pengguna software oleh masyarakat umum.

Kendati demikian paten dan hak cipta atas software tersebut tetap menjadi hak milik pencipta dan pengembangnya.

Baca juga: 5 Teori yang Mungkin Terjadi di Masa Depan, Mungkinkah Menjadi Fakta?

Free Software

Berbeda dengan freeware, software jenis free software masih mewajibkan pengguna untuk membeli lisensi software ini terlebih dahulu, dan setelahnya pengguna bebas melakukan modifikasi, penggandaan, dan distribusi secara bebas.

Shareware

Software jenis ini dibagikan secara gratis kepada pengguna untuk kepentingan tertentu, namun dengan fitur terbatas dalam kurun waktu tertentu sebagai ujicoba.

Pengguna yang tertarik menggunakan software jenis ini dalam versi pro dengan fitur lengkap harus membeli lisensi dari software ini.

Pengembang software dengan tujuan komersil umumnya menerapkan software jenis ini untuk memberikan kesempatan kepada calon pengguna untuk menjajal fitur unggulan dari software ini.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Cegah Kanker!

Malware

Malware merupakan software yang bertujuan untuk merusak, mencuri data, hacking dan tujuan kejahatan siber lainnya.

Software ini sangat berbahaya sebab mampu menyusup, merusak sistem dan mencuri data.

Malware Malware dikelompokkan Kembali menjadi spyware, sebagai software pengintai atau mata-mata dengan tujuan mencuri data

Adware, merupakan software untuk kepentingan iklan, virus untuk merusak data dan sistem komputer, dan jenis software pengrusak lainnya yang merugikan dan berbahaya mengancam sistem teknologi.

Opensource Software

Software yang bersifat terbuka dan bebas digunakan, dimodifikasi, dikembangkan dan disebarluaskan sebab kode sumbernya dari software jenis ini dipublikasikan secara umu.

lisensi software jenis ini adalah General Public License (GPL) yang siapa saja berhak memiliki hak cipta dari pengembangan software ini.

Baca juga: 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan, Mengurangi Stres!

Firmware

Firmware merupakan software penyimpanan yang hanya dapat dibaca (read only), dan tidak dapat dimodifikasi dan dikembangkan.

Firmware umumnya satu kesatuan dengan hardware dan bersifat paten, tidak dapat diubah, dimodif maupun dikembangkan sehingga tidak bisa dilakukan modifikasi atau pengembangan.

Firmware merupakan perpaduan antara hardware dan software sehingga tidak dapat diklasifikasikan sebagai software sesungguhnya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Software Paling Banyak Digunakan

Berikut 5 software paling banyak digunakan untuk kepentingan sehari-hari guna membantu aktivitas para penggunanya, yaitu:

1. Software Sistem Operasi

Sistem operasi atau Operating System (OS) merupakan induk dari beroperasinya berbagai macam software untuk kepentingan lainnya.

Software OS merupakan hal mutlak ada pada smartphone, komputer, jaringan, sistem internet sebab perintah utama dalam menjalankan hardware bertumpu pada OS.

Berbagai jenis OS yang beredar saat ini yaitu, Windows, Unix, Linux, Android, dan Mac dan sistem operasi lainnya yang dikembangkan khusus untuk kepentingan tertentu.

Baca juga: 5 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Bagi Kesehatan

2. Software Browser

Software ini merupakan software yang khusus untuk kepentingan menjelajah internet maupun intranet.

Software search engine merupakan software kedua setelah OS yang juga tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan kehidupan sehari-hari para penggunanya.

Berbagai software browser atau search engine yaitu Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Internet Explorer, Microsoft Bing, Yahoo, Baidu, Wikipedia, Yandex, DuckDuckGo, Ask.com, Ecosia, Aol.com dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Mencegah Hipertensi!

3. Software Office

Software berikutnya yang popuper digunakan yaitu software office, yaitu software untuk kepentingan perkerjaan perkantoran dan pengolahan data.

Software yang paling populer dari software office yaitu Microsoft Office, Libre Office, Google Docs Editor, Polaris Office, WPS Office dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Tanaman Herbal dengan Aroma Menggoda

4. Desain Software

Software berikutnya yang popular digunakan oleh banyak pengguna adalah software desain, yaitu software untuk desain mengolah gambar atau video, software untuk membuat gambar, video, editing, desain gambar maupun video.

Berbagai software desain diantaranya Paint, Adobe Photoshop, Coreldraw, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, Inkscape, Sketch, Affinity Designer, Xara Designer Pro X, GIMP, Gravit Designer, Vecteezy, Vectr dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Minuman Segar Menyehatkan!

5. Software Antivirus

Software antivirus bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah serta membasmi malware dan segala bentu software berbahaya yang menyerang sistem computer dan jaringan.

Software berfungsi membasmi malware yang menyerang secara offline maupun online, seperti Smadav, AVG, Norton, McAfee, Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast Software, Norton, Total AV, Sophos, Webroot, Panda Dome dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 software yang banyak digunakan para penggunanya, software tersebut paling populer diantara software lainnya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer