5 Langkah Reset Printer Canon Pixma Tipe G Tanpa Software Service Tools

Dunia Aksara – Mencetak dokumen untuk keperluan kantor membutuhkan printer, namun kendala lampu kedap-kedip bergantian para printer sering terjadi, berikut 5 langkah reset printer canon pixma tipe G tanpa software service tools.

Bagi yang mengalami kendala pada printer canon pixma tipe G, yaitu G1010, G2010, G3010 untuk lampu power dan lampu resume/stop kedap kedip bergantian berikut solusinya.

Lampu yang berkedip bergantian tersebut lampu LED tinta dan kertas berkedip bergantian menunjukkan bahwa printer membutuhkan reset agar dapat berfungsi normal kembali.

Kendala printer canon pixma tipe G lampu power dan resume berkedip bergantian terkadang disebabkan karena kerusakan pada IC Eprom printer dalam komponen printer.

Namun Langkah awal untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan reset manual terlebih dahulu, apabila kendala tidak dapat diatasi dengan cara tersebut dapat dilakukan penggantian IC Epromnya.

Beberapa cara yang dapat lakukan untuk melalukan reset permasalahan serupa dengan cara manual, menggunakan software canon service tools dan juga dengan cara mengganti IC Eprom yang ada di mainboard printer apabila cara manual dan menggunakan software tidak membuahkan hasil.

Baca juga: 5 Tips Jitu Agar Cepat Tidur, Penderita Insomnia Wajib Tahu!

Langkah Reset Manual Printer Canon Tipe G

Berikut cara melakukan reset printer canon pixma tipe G yaitu, G1010, G2010, G3010 dan G4010 dengan cara manual tanpa menggunakan software resetter dan service tools:

1. Matikan printer dengan cara menekan tombol power pada printer, selanjutnya masukkan kertas pada printer sebab printer akan menarik kertas saat proses reset berlangsung.

2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol tekan tombol power (ON/OFF) dan tekan tombol resume/stop dengan logo segitiga merah pada printer tanpa melepas tombol power.

Selanjutnya lepas tombol resume/stop (segitiga merah), tapi tetap metekan tombol power jangan dilepas dan lakukan tekan tombol resume/stop sebanyak 5 kali, setelah dipastikan menekan tombol resume/stop sebanyak 5 kali lepas seluruh tombol.

3. Apabila langkah tersebut sukses, maka secara otomatis lampu indikator hijau akan berkedip dan tungu hingga lampu indikator hijau tetap menyala tanpa berkedip dan hanya lampu LED power saja yang menyala.

4. Setelah lampu indikator power menyala normal, Langkah selanjutnya kembali tekan tombol resume/stop (segitiga merah) sebanyak 5 kali dengan dilanjutkan tekan tombol power sebanyak 1 kali.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Jakarta Terpopuler, Wajib Kunjungi Bersama Keluarga!

5. Printer akan memroses dan printer melalukan print atas kertas dengan mereset jumlah print ke angka 0.

Dengan demikian proses reset printer canon tipe G telah berhasil dilakukan. Langkah terakhir, matikan printer dan nyalakan kembali, maka printer Kembali normal dan siap digunakan kembali.

Apabila kelima langah tersebut telah dicoba, namun masalah lampu LED pada power dan resume/stop tetap berkedip bergantian, maka kerusakan disebabkan tidak berfungsinya IC Eprom dan harus dilakukan pergantian atau perbaikan pada komponen tersebut.

Sejatinya cara reset printer canon pixma tipe G juga dapat menggunakan software service tools printer canon pixma tipe G, namun car aini lebih mudah dan simpel.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer